Foto: @dwimbako

Rekomendasi Tempat Wisata di Karanganyar Yang Hits Dan Populer 2021

Diposting pada

Karanganyar merupakan kabupaten di Jawa Tengah yang berjarak sekitar 14 km dari Surakarta. Ada banyak tempat wisata di Karanganyar yang menarik untuk dikunjungi saat liburan.

Bagi Anda yang merencanakan kunjungan ke Karanganyar, berikut ini adalah beberapa destinasi wisata yang dapat dikunjungi.

Baca Juga: Panduan Berwisata di Telaga Sarangan

  • Grojogan Sewu
grojogan sewu tawangmangu
Foto:@apep.id

Objek wisata ini merupakan destinasi yang paling populer. Tempat ini disebut Grojogan Sewu karena jumlah air terjun di sana yang sangat banyak. Panorama alam yang disuguhkan di tempat ini juga sangat luar biasa. Selain menawarkan suasana yang asri dan sejuk, di sana juga terdapat kawanan kera yang tinggal di hutan di sekitar air terjun.

Tempat wisata di Karanganyar ini terletak di kawasan Kaliroso, Tawangmangu lebih tepatnya di Jalan Raya Tawangmangu, Beji, Tawangmangu, Karanganyar. Grojogan Sewu mempunyai 2 pintu masuk yakni jalur atas dan bawah. Diperlukan usaha ekstra untuk mencapai bagian bawah air terjun jika melalui jalur atas karena harus melewati sekitar 1000an anak tangga. Untuk mencapai lokasi air terjun ini, Anda perlu berkendara sekitar 21 km dari pusat kota Karanganyar melewati Jalan Lawu.

Di sekitar objek wisata ini terdapat banyak rumah makan yang menyediakan berbagai macam menu. Menu favorit para wisatawan di sana adalah sate kelinci. Untuk tiket masuknya, pengunjung wajib membayar Rp 7.500,- per orang. Jika ingin menikmati wahana flying fox, Anda harus membayar sebesar Rp 15 ribu per orang.

  • Perkebunan Teh Kemuning
kebun teh kemuning
Foto:@indriasr16

Destinasi yang satu ini sering disebut sebagai Puncak versi Karanganyar.  Kebun teh ini menawarkan panorama alam yang sangat cantik. Spot yang populer dari destinasi wisata ini adalah Rumah Teh Ndoro Donker. Rumah dengan gaya arsitektur khas Belanda ini menjadi spot favorit pengunjung untuk berfoto.

Lokasi kebun teh ini berada di Ngargoyoso, Kemuning, Karanganyar. Wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum untuk mencapai lokasi objek wisata ini. Dari kota Karanganyar, wisatawan dapat mengambil rute ke Karang Pandan.

Akses jalan menuju ke kebun teh sangat khas dengan jalanan di perbukitan atau pegunungan yang berkelok. Untuk menikmati keindahan kebun teh ini, pengunjung tidak akan dikenakan biaya masuk atau gratis. Lebar jalan utama di kebun teh ini hanya sekitar 5 meter sehingga pengunjung dapat merasakan kedekatan dengan alam.

  • Taman Balekambang
taman balekambang tawangmangu
Foto:@alifah_736

Bagi Anda yang mencari tempat wisata keluarga di Karanganyar, Taman Balekambang merupakan destinasi yang dapat menjadi pilihan. Di sana juga terdapat miniatur bangunan populer dunia seperti Tembok Besar China, Menara Eiffel, Gerbang Arch de Triomphe Perancis, Pyramid, Candi Borobudur, dan Merlion Singapura.

Lokasi destinasi ini tidak jauh dari Grojogan Sewu yaitu di Jalan Balaikambang, Kalisoro, Tawangmangu, Dari pusat kota Karanganyar, Anda dapat melewati rute Jalan Matesih-Tawangmangu sekitar 24 menit. Harga tiket masuk di Taman Balekambang ini tergolong cukup terjangkau yakni Rp 15 ribu per orang.

Beragam fasilitas hiburan telah disediakan di tempat wisata ini untuk memanjakan pengunjung seperti kolam renang, lapangan tenis, dan sanggar lukis. Tersedia pula berbagai wahana permainan yang menarik seperti arena outbond, taman bermain, ATV, dan flying fox.

Baca Juga: Air Terjun Jumog, Akses dan Harga Tiket Masuk Terbaru

  • Candi Cetho
candi cetho
Foto:@novelfirmansyah

Bagi pecinta sejarah, Candi Cetho menjadi destinasi yang wajib dikunjungi ketika berada di Karanganyar. Ini adalah situs peninggalan kerajaan Majapahit. Di sana terdapat sekitar 11 teras yang berada di atas tanah berundak. Arsitektur candi yang indah berpadu apik dengan latar panorama alam sekitar yang mempesona.

Candi Cetho terletak di Desa Gumeng, Jenawi, Karanganyar.  Tempat ini dapat dicapai menggunakan kendaraan pribadi. Untuk menuju ke Candi Cetho dari kota Surakarta, pengunjung dapat melewati Jalan Lawu dan Jalan Karangpandan – Ngargoyoso sejauh 45 km. Berada di ketinggian 1.496 meter dpl, udara di sana terasa sangat sejuk khas pegunungan. Ketika memasuki area candi, pengunjung wajib mengenakan kain kampuh yang diikatkan di pinggang.

Untuk masuk ke situs bersejarah ini, pengunjung akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 7.500,- per orang. Di sana pengunjung dapat mempelajari sejarah dan menikmati pemandangan alam sekitar candi. Tempat wisata di Karanganyar ini kian populer karena menjadi candi tertinggi se-Indonesia.