Foto: @joeluluk

Rekomendasi Tempat Wisata di Ngawi Yang Hits dan Populer

Diposting pada

Ada banyak pilihan tempat wisata di Ngawi yang cocok untuk melepas penat. Ngawi langsung berbatasan dengan Jawa Tengah dan dekat dengan kabupaten Pacitan.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Wisata di Magetan Yang Wajib Kamu Kunjungi

Ngawi memiliki beberapa nama julukan di antaranya adalah Kota Bambu dan Kota Kripik Tempe. Bagi Anda yang berniat menghabiskan liburan di Ngawi, berikut ini adalah daftar tempat wisata Ngawi yang paling populer.

  • Air Terjun Pengantin
Air Terjun Pengantin
Foto:@argaramadhani_

Nama destinasi wisata yang satu ini mungkin cukup identik dengan judul film horor tanah air. Pasalnya, film tersebut memang memilih tempat ini sebagai lokasi syuting. Walaupun demikian, Anda tidak perlu khawatir karena air terjun tersebut sama sekali tidak menakutkan. .Bahkan air terjun tersebut sangatlah cantik dan asri.

Baca Juga: Panduan Berwisata di Telaga Sarangan

Air Terjun Pengantin terletak di Sabrang, Besek, Hargomulyo, Ngrambe, Ngawi, Jawa Timur. Untuk menikmati keindahan objek wisata alam ini, pengunjung akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 6 ribu per orang. Tempat wisata ini buka setiap hari. Ketika berkunjung ke sana, Anda dapat melihat sepasang air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 12 meter.

Baca Juga: Informasi Lengkap Pendakian Gunung Lawu

Destinasi wisata ini berjarak sekitar 34 km dari pusat kota Ngawi atau memerlukan waktu tempuh sekitar 1 jam. Dari Ngawi, pengunjung dapat melewati kecamatan Jogorogo setelah itu melewati jalan Ngrambe-Jogorogo. Lihat papan petunjuk jalan ke Air Terjun Pengantin untuk mencapai destinasi tersebut.

  • Benteng Pendem Van Bosch
Benteng Pendem Van Bosch
Foto:@robiniajura

Selain memiliki bentang alam yang indah, Ngawi juga menyimpan tempat bersejarah yang layak untuk dikunjungi. Benteng Pendem Van Bosch adalah benteng peninggalan Belanda yang memiliki arsitektur unik.

Lokasi benteng ini terletak di titik pertemuan antara Bengawan Solo dan Bengawan Madiun lebih tepatnya di Jalan Untung Suropati Nomor II, Pelem, Ngawi. Untuk mencapai lokasi ini dari kecamatan Ngawi menuju ke timur laut dari Jalan Siliwangi ke Jalan Maospati. Setelah itu, lewat Jalan Raya Solo – Ngawi kemudian Jalan Suryo, Anda tidak perlu takut tersesat karena di sana terdapat banyak petunjuk jalan yang akan memandu Anda sampai ke lokasi.

Harga tiket masuk di objek wisata ini adalah Rp 5 ribu per orang dan biaya parkir sekitar Rp 3 ribu untuk motor. Selain menilik sejarah, tempat ini juga sangat cocok untuk Anda yang hobi berfoto dengan background bangunan kuno.

  • Kebun Teh Jamus
Kebun Teh Jamus
Foto:@adib_setyo

Bagi Anda yang mencari destinasi wisata di Ngawi yang menawarkan suasana sejuk, Kebun Teh Jamus dapat menjadi destinasi yang tepat. Di sana pengunjung, akan dimanjakan dengan hamparan kebun teh yang hijau membentang di lereng Gunung Lawu. Destinasi wisata ini berada di ketinggian 800 – 1200 mdpl.

Lokasi kebun teh ini terletak di Girikerto, Sine, Ngawi. Dari pusat kota Ngawi, destinasi ini berjarak sekitar 45 sedangkan dari Sragen berjarak kurang lebih 45 km. Anda dapat memilih rute Jalan Raya Solo-Surabaya ke arah Tunjungan, Winong, Plosokerep, Sine, kemudian ke Ngrambe. Di sana, para pengunjung akan disuguhi dengan keindahan bentang alam berwarna biru yang kontras.

Harga tiket masuk di kebun teh ini sebesar Rp 10 ribu per orang. Harga ini tentu cukup terjangkau karena pengunjung dapat berwisata di lahan seluas 478 hektar. Menariknya setiap pembayaran tiket di objek wisata ini, wisatawan akan mendapatkan satu kotak teh dari kebun teh.

  • Taman Wisata Banyu Redjo Park

Banyu Redjo Park

Ini adalah destinasi wisata yang tergolong baru di Ngawi karena baru dibuka tahun 2019. Taman wisata ini sangat cocok untuk berwisata bersama keluarga untuk mengisi hari liburan. Di sana terdapat kolam dewasa dan kolam untuk anak-anak. Yang menarik, di sana terdapat selfie zone yang dapat menjadi spot menarik untuk berselfie ria.

Konsep utama tempat wisata ini adalah menyuguhkan wahana air. Selain kolam renang yang luas dan kedalaman sesuai standar, kolam tersebut juga sudah dilengkapi ember tumpah, seluncuran, dan air mancur. Anda juga bisa membawa pelampung atau menyewa pelampung di sana,

Taman wisata ini terletak di Jalan Raya Kedunggalar, Ngarengan, Jenggrik, Kedunggalar, Ngawi. Untuk mencapai destinasi wisata ini, dari pusat kota Ngawi perlu berkendara sekitar 10 km melalui Jalan Raya Gebung dari Simpang 4. Harga tiket masuk di objek wisata ini juga sangat terjangkau yakni hanya Rp 10 ribu per orang.