tempat wisata di pacitan
Foto: @ricky_jalanjalan

Rekomendasi Tempat Wisata di Pacitan Yang Wajib Kamu Kunjungi

Diposting pada

Pacitan merupakan salah satu kota yang ada di wilayah jawa timur yang memiliki segudang keindahan alam yang luar biasa, ada banyak tempat wisata yamg bagus untuk di kunjungi. Artikel ini sangat cocok untuk kamu yang berencana berlibur ke Pacitan nih sobat. Yuk simak Tempat Wisata di Pacitan.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Wisata di Magetan Yang Wajib Kamu Kunjungi

Kabupaten Pacitan secara geografis terletak pada ujung barat daya Provinsi Jawa Timur. Dimana wilayah Pacitan pada bagian utara berbatasan dengan Kabupaten Ponorogo, pada bagian timur berbatasan dengan Kabupaten Trenggalek, pada bagian selatan berbatasan dengan Samudera Hindia dan pada bagian barat berbatasan dengan Wonogiri di Jawa Tengah.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Wisata di Ponorogo Hits dan Populer

Juga jika kamu berlibur ke Pacitan, jangan lupa untuk mencoba wisata kulinernya yang unik yaitu nasi tiwul yang dibuat dari singkong dijemur lalu dikeringkan atau gaplek bahasa jawanya ya sobat, kemudian ditumbuk dan dikukus sehingga menjadi bentuk nasi.

Rekomendasi Tempat Wisata di Pacitan

  • Pantai Klayar
Foto: @yeyen_bagus30

Pantai Klayar ini terletak di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo dan belum disentuh oleh banyak modernisasi atau dalam kata lain daerahnya masih sangat asri, memiliki daya pikat ombak pantai yang sangat tinggi dan gemar dipakai untuk area surfing turis mancanegara.

Keindahan alam yang disajikan oleh pantai ini yang tidak dapat ditemui di wisata lain selain keindahan butiran pasir pantai putih yang cukup halus, kamu juga akan diajak menemui batu karang yang bisa setinggi pohon kelapa dan menjadi ikon pantai ini.

Nah, jika kamu ingin mengunjungi pantai ini, kamu bisa melalui dua jalur, yaitu jika dari arah Solo bisa melewati rute Dononrejo – Kalak – Klayar, namun jika kamu berasal dari jalur Pacitan, kamu bisa melalui rute Puneng – Bomo – Klayar. Di jalur Pacitan ini, kamu juga bisa lho mampir ke Goa Gong yang terkenal akan keindahannya se Asia Tenggara.

  • Goa Gong
Foto: @loveantourtravel

Goa Gong terletak di Pule, Desa Bomo, Kecamatan Punung, rata-rata sekitar 30 menit dari Kota Pacitan yang memiliki jarak 37 km. Goa Gong ini dikelilingi oleh empat gunung tidak aktif lho sobat, dengan bagian utara Gunung Manyar, bagian selatan Gunung Karang Pulut, bagian barat Gunung Grugah dan bagian timur Gunung Gede.

Baca Juga: Panduan Berwisata di Telaga Sarangan

Berdasar info dari warga sekitar, asal muasal Goa Gong yang memiliki kedalaman 256 meter ini dikarenakan akibat dari aktifitas gerakan termik dan vulkanik gunung aktif yang berlangsung ratusan tahun lalu lho sobat.

Dengan biaya masuk yang hanya lima ribu rupiah ini, jika belum naik ya sobat, kamu akan diajak menyusuri tangga untuk memasuki goa, di dalam goa suasananya juga tidak gelap dan menyeramkan kok, namun meriah karena lampu warna warni yang memantul di dalam goa ini.

Setelah memasuki goa, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan indah gongcave, stalaktit yang meneteskan air, rekahan dari endapan kalsium juga danau kecil di ujung goa yang terbentuk dari tetesan air.

  • Pantai Watu Karung
Foto: @penginapanwatukarung

Pantai Watu Karung ini merupakan salah satu dari lima ombak terbaik dunia ini terletak di Desa Watu Karung, Kecamatan Pringkuku lho sobat. Pantai ini berjarak 25 km dari kota Pacitan. Terkenal akan ombaknya yang tipe reef break nih, yaitu ombak tinggi dan memanjang mirip barrel.

Kamu bisa menikmati ombak keren bergulung ini antara Bulan April sampai Bulan Oktober, dimana angin laut berhembus kuat dan menghasilkan ombak bergulung tinggi sobat. Diinget – inget ya sobat, jangan sampai lupa.

  • Goa Tabuhan
Foto: @roo_ice15

Goa Tabuhan ini terletak di dusun Tabuhan Desa Wereng Kecamatan Punung ini namanya memang tak seterkenal Goa Gong, namun keindahan Goa Tabuhan yang sebelumnya bernama Goa Tapan ini, tak kalah indah dengan Goa Gong lho.

Cukup dengan membayar sekitar RP 100.000, kamu sudah bisa mendengarkan lima tembang dari stalaktit. Mulai dari lagu campur sari, dangdut, pop, keroncong, dan lagu tembang khusus lainnya yang menceritakan sejarah Goa Tabuhan.

  • Sungai Maron
Foto: @loveantourtravel

Pasti banyak yang bertanya – tanya kenapa diberi nama Sungai Maron kan. Panorama susur sungai sepanjang 4,5 km dengan kedalaman 20 meter yang terletak di Desa Darsono Kecamatan Pringkuku ini dikenal dengan julukan Grand Canyon Indonesia lhoo.

Keindahan panorama sungai berupa pohon kelapa di tiap sisi ditambah dengan air sungai yang sangat jernih sekali hingga biasa dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk kebutuhan sehari – hari ini biasa menjadi destinasi wisata favorit para artis ibukota. Banyak artis ibukota yang berlibur di Sungai Maron loh.

Untuk menyusur Sungai Maron ini, yang berlabuh di muara pantai Ngiroboyo, kamu bisa menyewa satu perahu yang muat ditumpangi oleh 6 orang dewasa. Jadi untuk menghemat pengeluaran, kamu tidak perlu menyewa 1 perahu per orang ya sobat.

Dengan biaya sewa yang beragam mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 150.000 tergantung dari jenis perahu yang disewakan yaa. Namun sebelumnya kamu harus berjalan sejauh 20 meter dulu dari lokasi tiket biaya masuk yang sebesar Rp 2000 per orang.

Nah itu dia rekomendasi Tempat Wisata di Pacitan versi kami nih sobat. Kamu tidak perlu khawatir dan bingung untuk berlibur kemana, karena banyak sekali destinasi yang bisa kamu nikmati di Pacitan. Semoga membantu.