tempat wisata di wonogiri
Foto: @y0gaprstyo_

Rekomendasi Tempat Wisata Di Wonogiri Populer dan Hits

Diposting pada

Penat dengan banyaknya kegiatan dan aktivitas setiap hari? Makanya sempatkan waktu buat liburan deh, biar pikiran plong dan tenang. Bagi kamu masyarakat Jawa Tengah dan sekitarnya silakan datang ke Wonogiri. Ada banyak tempat wisata di Wonogiri yang bisa kamu kunjungi lho.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Wisata di Magetan Yang Wajib Kamu Kunjungi

Mulai dari gunung, air terjun, hingga pantai cocok untuk wisata sembari melepas segala penat. Bagi yang suka eksis di media sosial tempat wisata yang ada di Wonogiri ini sangat instagramable buat dijadikan spot foto-foto menarik.

Rekomendasi Tempat Wisata Di Wonogiri 

Rekomendasi lokasi tempat wisata di Wonogiri yang bisa kamu kunjungi untuk membuat tubuh lebih refresh adalah :

  • Bukit Cumbri
Foto: @ponorogodolan

Bagi Kamu yang ingin berwisata ria ke Wonogiri sebaiknya Kamu coba liburan ke Gunung Cumbri. Lokasinya berada di Perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah tepatnya di Kabupaten Wonogiri.

Ketinggian dari bukit ini mencapai 638 meter mdpl di atas permukaan laut. Bukit ini berketinggian sekitar 638 meter mdpl.

Pemandangan indah yang bisa Kamu dapatkan saat mendaki ke bukit Cumbri adalah indahnya jajaranan perbukitan yang indah. Lokasi ini sangat cocok digunakan untuk berfoto.

Baca Juga: Panduan Berwisata di Telaga Sarangan

Tenang, kamu tidak perlu bayar tiket jika ingin menikmati indahnya bukit cumbri. Kamu bisa mendaki melewati beberapa pos, salah satunya lewat Pager Ukir. Rute pendakian membutuhkan waktu kurang lebih satu jam.

  • Bukit Jonambang
Foto: @rahayu.ns

Tempat wisata di Wonogiri selanjutnya yang bisa Kamu kunjungi adalah Bukit Jombng. Saat Kamu ada di puncak bagian selatan, Kamu dapat menikmati indahnya hamparan dari Waduk Gajah Mungkur.

Lebih Oke-nya lagi saat cuaca sedang cerah Kamu pasti terpukau dengan keindahan Gunung Merapi. Ketika sunset tiba menjadi waktu yang pas untuk berfoto ria. Penasaran bukan? Silakan datang ke Watuagung Baturetno Jawa Tengah.

  • Pantai Karang Bang
Foto:@andykurniawan95

Tempat wisata di Wonogiri Pantai Karang Bang terletak di Desa Gunturharjo. Memang pantai indah ini tidak mempunyai pasir putih, tapi tenang saja keindahan laut birunya tetap bisa memuaskan healing Kamu.

  • Pantai Puyangan
Foto:@journey_traveling

Tenang jika ingin tetap menikmati pantai di Wonogiri nggak usah bingung, Kamu bisa berkunjung ke Pantai Puyangan. Letaknya ada di Desa Gunturharjo.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Kuliner Di Ponorogo

Kamu dapat menikmati keindahan pasir putih ditambahnya birunya air laut. Memang jalan ke pantai medannya masih sulit, Kamu pun membutuhkan usaha ekstra untuk sampai ke pantainya.

Tapi semuanya akan terbayar lunas, saat Kamu sampai di pantai. Pemandangan indah menyejukkan mata hadir luas di hadapanmu.

  • Pantai Banyutowo
Foto:@sigitn11

Yuks ramai-ramai datang ke Bendungan, Gudangharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Kamu bisa mengunjungi pantai Banyutowo yang begitu memanjakan mata dan pikiran ini.

  • Air Terjun Binangun Watu Jadah

 

Foto@rydii_

Air terjun ini mempunyai ketinggian sekitar 40 meter. Terdapat tiga aliran air yang indah, sehingga inilah yang jadi daya pikat wisatawan.

Lokasinya ada di lereng Pegunungan Lawu bagian Selatan. Lokasi wisata di Wonogiri ini masih asri dan eksotik, sebab belum banyak diketahui oleh wisatawan.

  • Air Terjun Girimanik
Foto:@respasiza

Air terjun ini berlokasi di Setren, wilayah Slogohimo, Kabupaten Wonogiri. Suasana di wisata ini begitu indah dan sangat bagus dipakai untuk foto-foto yang instagramable.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Wisata di Ngawi Paling Hits dan Populer

Kamu disuguhi dengan tiga aliran air terjun. Pertama disebut air terjun Manik Moyo berketinggian sekitar 70 meter. Air terjun Moyo berketinggian 30 meter, serta air terjun Condromoyo.

Tips Sebelum Berwisata Ke Wonogiri

Sebelum berangkat ke tempat wisata di Wonogiri sebaiknya Kamu jalankan dulu tips-tips berikut ini :

  1. Persiapkan kemana lokasi wisata yang akan dikunjungi

Kamu harus benget bermusyawarah dan menentukan kemana Kamu akan pergi berwisata. Cari lokasi yang menurut Kamu nyaman dan benar-benar ingin Kamu, keluarga, atau sahabat kunjungi.

  1. Carilah kendaran yang sesuai dengan standar keselamatan

Jika sudah menemukan lokasi yang jelas, Kamu bisa mulai memesan kendaraan atau Jika Kamu memakai kendaraan sendiri lebih baik cek kondisi kendaraan.

Ketika memesan kendaraan seperti bus atau travel Kamu harus paham pula kondisi dari kendaraan tersebut. Cek pula harganya jadi bisa menentukan anggaran yang akan dikeluarkan.

  1. Siapkan budget

Setelah mengerti mana lokasi di Wonogiri yang akan Kamu kunjungi dan setelah Kamu paham harga kendaraan. Selanjutnya Kamu siapkan budgetnya. Memang budget nggak bisa dadakan, makanya dipersiapkan jauh-jauh hari ya.

  1. Bawa perlengkapan

Selain membawa makan dan minuman sendiri, jika ingin hemat. Kamu jangan lupa untuk membawa perlengkapan P3K.

Tidak usah membawa yang susah dan banyak, cukup bawa minyak telon, obat anti mabuk kendaraan, hingga obat merah. Bawa persiapan ganti, jika Kamu nanti akan ke Pantai dan snorkeling.

  1. Siapkan kesehatan

Sebelum berangkat liburan ke tempat wisata di Wonogiri, Kamu harus bamget mempersiapkan kesehatan. Liburan juga butuh tenaga, makanya jaga kesehatan dengan minum vitamin. Jadi selama perjalanan sampai pulang bisa tetap sehat dan selamat sob.

Itulah tempat wisata di Wonogiri dan tips yang harus Kamu perhatikan sebelum berwisata. Semoga bermanfaat.